Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 tips memulai bisnis usaha kopi kekinian.

   Pada saat ini kopi memang menjadi teman bagi sebagian penikmat kopi, apakah anda sendiri seorang yang suka kopi atau seorang penikmat kopi bahkan jika anda sendiri seorang yang berjiwa bisnis mungkin berfikir dari sekian banyaknya pecinta kopi ini bisa menjadikan sebagai peluang baru bisnis usaha kopi. dimana pada setiap tahunya mengalami peningkatan yang cepat dalam tingkat kesukaanya dan penikmatnya, bukankah ini suatu peluang yang menjajikan dan bisa di jadikan  sebagai bahan pertimbangan untuk berwirausaha dalam bidang coffee shop. tidak dapat di pungkiri lagi bahwa tempat inj hanya untuk tempat nongkrong berkumpul bersama atau tempat janjian bertemu coffee shop ini sering kali di jadikan tempat seperti itu, sehingga coffee shop merupakan salah satu tempat paforit.


Bisnis usaha kopi kekinian


    Peluang yang baik ini pasti membutuhkan berbagai perhitungan yang matang serta cermat dalam membuka peluang usaha baru, apalagi jika kita sendiri belum mengetahui seluk beluk latar belakang pembuatan bisnis ini, sebelum terjun dalam usaha baru ini mari kita pertimbangkan dari berbagai faktor untuk menunjang dan mendukung kelancaran bisnis ini, sehingga perencanaan dalam membuka usaha coffee shop berjalan dengan baik sesuai dengan harapan berwirausaha.

1. Berapa budget yang di perlukan.
    budget untuk memulai bisnis ini tidak begitu mahal jika anda sudah memiliki tempat untuk berbisnis, hanya saja bahan baku sebagai modal awal yang dipersiapkan harus di adakan, seperti perlengkapan alat peras penggiling kopi, serta alat untuk memasak air sesuai standart pembuatan kopi itu sendiri dan tempat duduk, kita akan mengulasnya lebih detail sebagai bahan acuan dalam pembuatan kopi ini saya akan menghitung seberapa besar budget yang di perlukan untuk pembuatan kopinya saja tanpa tempat dan karyawan pada artikel ini.

2. Konsep apa yang akan di jalani.
    Pada umumnya konsep ini dapat di dalam beberapa bagian, dan sekarang kita harus menentukan konsep terbaik sesuai dengan minat dan hobi si pengusaha atau konsep dari tema kekinian, untuk konsep kekinian kita bisa melirik seperti apa yang di butuhkan pelanggan agar mereka berkeinginan berjalan menuju kedai kopi kita seperti contoh untuk belajar membutuhkan tema yang tenang, untuk nongkrong memerlukan tema ramai, sebaiknya tentukan tema apa yang di butuhkan jika kita mempunyai cukup tempat atau misalkan memiliki toko 2 lantai ini bisa menjadi 2 tema sekaligus demi kenyamanan pelanggan.

3. Tentukan target yang tepat.
   sebagian besar target atau yang di sebut sebagai costumer ini adalah wanita sebesar 65% dan pria sebesar 35%, untuk usia target sebagian besar berusia antara 18 sampai dengan 35 tahun, di mana pada usia ini adalah usia muda yang sedang sibuk dengan berbagai macam acara maupun urusan masalah pekerjaan, tarik daya minat target untuk selalu tetap memilih tempat kita sebagai tempat untuk beraktifitas mereka sehingga mereka dapat mengundang dan merekomendasikan usaha yang sedang kita jalani ini.

4. Lokasi yang baik untuk memulai.
    pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tempat yang baik untuk berwirausaha, tempat terbaik untuk memulai usaha atau membangun usaha agar tidak menjadi kesalahan dalam faktor memilih tempat usaha, di mana tempat usaha yang baik sangat dapat menentukan kelancaran usaha kita. dalam menentukan tempat usaha yang baik silahkan anda baca di sini.

5. Melakukan promosi di media sosial.
    Di era digital ini memang banyak media promosi melalui internet market place, e-commerce, sosial media dan masih banyak media sosial yang memberikan layanan promosi bagi pelanggan maupun user yang ingin bergabung beriklan, jika kita dapat melakukan promosi di sosial media sendiri lebih baik, yang pertama anda lakukan dengan mudah adalah dengan sosial media instagram, sangat banyak para pengusaha yang memanfaatkan media ini untuk kelancaran usahanya, dan tidak sedikit info yang di dapat dari pelanggan mereka datangnya dari media sosial tersebut.

6. Mencari supllier yang tepat.
    untuk mempertahan cita rasa kopi itu sendiri alangkah baiknya mencari supllier yang bisa bertanggung jawab dalam memasok bahan baku dengan standar kualitas dan kuantitas barangnya tanpa ada perubahan bahan atau mungkin nanti bisa jadi di campurkan dengan bahan yang lain sehingga terjadi perubahan rasa. jika ada perubahan seharusnya supllier itu sendiri memberitahukan terlebih dahulu tentang barang yang akan di jualnya kepada kita, karena rasa pada kopi sendiri akan berubah saat di nikmati oleh pecinta kopi itu sendiri untuk di nikmati.

7. Memilih barista yang ramah.
    untuk memikat pelanggan serta memiliki kenyamanan dari tempat kita pilihlah barista yang ramah, karena dari keramahan sendiri pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang di berikan sehingga customer akan kembali untuk berkunjung, barista sendiri merupakan ujung tombak dari usaha kita, coba anda bayangkan jika anda datang ke tempat sebuah caffe shop dan di layani dengan wajah judes maupun murung, pasti anda merasakan tidak nyaman berada dalam lingkungan tersebut.

8. Tahan banting dengan keadaan.
    meski usaha telah gagal, coba bangun kembali dengan berbagai cara dan ide-ide kreatif, karena kegagalan akan menjadikan pengalaman bagi kita tentang apa dan yang harus di lakukan maupun tidak di lakukan, untuk awal mula kita membuka usaha. jangan pantang menyerah setelah anda baru memulai usaha, tidak jarang seseorang mendapatkan hasil yang di inginkan langsung berhasil, pasti banyak cerita tentang kegagalan-kegagalan yang terjadi, terus berusaha dan jangan menjadi seseorang yang mudah menyerah.

9. Manajemen keuangan terkontrol.
    Agar tidak merasa rugi sebaiknya kita ikut ambil andil dalam mengurus manajemen yang baik, atau jika kita mempunyai sesorang yang dapat di percaya dalam mengurus keuangan bisnis kita sebaiknya support mereka untuk dapat terus jujur dalam masalah keuangan, tidak ada kecurangan yang menyebabkan kerugian, berbelanja sesuai kebutuhan untuk stok berapa lama, dan targetkan penjualan secara tepat yang kira-kira bisa terjual dalam kurun waktu beberapa hari sesuai prosedur maupun target yang telah kita buat secara spesifik.

10. Menghitung apa yang di butuhkan.
    Rincikan dan perhitungkan kebutuhan apa saja yang harus di beli sebagai bahan pokok utama, bahan dasar membuat jadi kopi dan siap untuk di nikmati oleh para pecinta kopi maupun pelanggan.
berikut adalah alat atau bahan dasar pembuatan kopi :
- Mesin penggiling kopi
- Jug (alat Takar)
- Blender/Juicer
- Ketel Elkektrik
- Expeso maker /Brevile
- Gelas
- Meja kursi set

   untuk harga masing-masing sangat berbeda, ada yang murah dan mahal sekalipun. sesuai dengan budget yang anda sediakan sebelumnya untuk dapat memulai bisni atau usaha membuka coffee shop.
untuk perlengkapan pendukung seperti free wifi hotspot, dan pernak pernik unik yang bisa sekalian untuk di jual juga akan menarik peminat sehingga akan menambah nilai jual dan daya tarik itu sendiri.

Posting Komentar untuk "10 tips memulai bisnis usaha kopi kekinian."

Berlangganan via Email